29 Oktober 2008

HIPERTENSI? GIMANA NGATURNYE? (lanjutan)

Sobat!
Dalam tulisan saya kemarin, sudah saya sebutkan bahwa bila kita terkena hipertensi yang mesti kita lakukan adalah :
1. Konsultasikan dengan dokter
2. Periksa tekanan darah secara teratur
3. Jangan merokok dan hindari minuman beralkohol
4. Bila anda gemuk, turunkan berat badan hingga normal
5. Olah raga secara teratur.
6. Jangan stress
7. Pengaturan makan dengan membatasi penggunaan garam (diet rendah garam), membatasi asupan lemak dan kolesterol (diet rendah kolesterol dan lemak terbatas) dan memperbanyak asupan kalium (diet tinggi kalium)

Nah,.. sekarang kita bahas satu persatu oke!


1. KONSULTASIKAN DENGAN DOKTER.
Kenapa harus konsultasi dokter? Tentunya biar diperiksa seberapa berat dan bahaya hipertensi anda. Dengan demikian anda akan mendapatkan advis yang lebih cepat dan tepat. Termasuk juga obat apa yang harus anda minum. Ingat lebih cepat lebih baik. Jangan dibawa ke dukun lo! Keburu stroke malah repot kan.

2. PERIKSA TEKANAN DARAH SECARA TERATUR
Ndak usah kawatir, sekarang banyak tensimeter yang elektrik dengan harga yang terjangkau. Tinggal pasang dilengan, pencet tombol nanti akan keluar angka yang menunjukkan tekanan darah anda. Tekanan darah ini perlu anda periksa dengan teratur. Misal pagi, siang dan sore. Atau sesuka anda. Yang penting apabila terjadi kenaikkan tekanan darah akan segera diketahui dan segera konsultasikan ke dokter.

3. JANGAN MEROKOK DAN HINDARI MINUMAN BERALKOHOL
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa merokok DAN minuman beralkohol dapat mengakibatkan penyakit hipertensi, jantung maupun pembuluh darah. Oleh karena itu stop rokok dan minuman keras mulai sekarang. Apalagi banyak ulama berpendapat bahwa rokok dan alkohol haram hukunya,

4. BILA ANDA GEMUK TURUNKAN BERAT BADAN HINGGA NORMAL
Kegemukan merupakan salah satu factor penyebab hipertensi. Oleh karena turunkan berat badan anda dengan pengaturan makan yang tepat dan latihan atau olah raga yang teratur. Sangat tidak dianjurkan program penurunan berat badan yang menggunakan obat. Untuk lebih jelas kita bahas pada posting berikutnya oke!
Sedang olah raga yang dianjurkan seperti? Lihat nomor 5 ya.

5. OLAH RAGA SECARA TERATUR
Olah raga yang dianjurkan adalah olah raga, yang meningkatkan endurance. Bukan olah raga yang kompetitif seperti sepak bola, badminton, tennis dsb. Tapi olah raga yang dibutuhkan adalah yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :
o Dilakukan secara kontinyu, teratur. Jadikan olah raga ini sebagai bagian dari gaya hidup. jangan angin-anginan! o Frekuensi 3 – 4 kali/minggu.
o Durasi 30 – 45 menit.
o Intensitas minimal. Dengan kata lain olahraga harus menghasilkan keringat tanpa terengah-engah serta tidak menimbulkan perasaan lelah.
Contoh olah raga : renang atau bersepeda pelan-pelan, Treadmil atau jogging, dan senam.

6. JANGAN STRESS
Stress baik stress fisik (seperti kelelahan, kurang tidur dsb) maupun stress psikis (seperti marah, sedih yang berlebihan) akan meningkat produksi adrenalin yang memacu kerja jantung sehingga akan meningkatkan tekanan darah.

Dan terakhir : aturlah makan anda dengan cara diet rendah garam, rendah kolesterol lemak terbatas dan tinggi kalium. Seperti apa pengaturannya? Nanti kita bahas secara terpisah oke ? simak saja artikel saya berikutnya.


Dheminto.
http://gizinews.blogspot.com
http://untaianhikmah.blogspot.com



Tidak ada komentar: