23 Oktober 2008

AWAS BAHAYA LEMAK TRANS !

Seperti biasa, lebaran identik dengan makanan yang melimpah. Setiap rumah akan menyediakan makanan yang beraneka macam, mulai dari minuman, makanan kecil bahkan sampai makanan besar. Inilah yang akan memanjakan kita khususnya yang suka makan seperti saya (mungkin termasuk anda juga ya khan?). Namun tanpa kita sadari tidak semua makanan yang tersaji baik untuk kesehatan kita. Setelah saya berkeliling dari rumah ke rumah, mengamati (dan pasti mencicipi) makanan yang tersaji, ternyata banyak makanan yang sebenarnya kurang baik bagi kesehatan.
Diantaranya : ternyata sebagian besar makanan terutama makanan kecil yang tersaji banyak mengandung asam lemak trans yang kurang baik untuk kesehatan kita.

APA SIH ASAM LEMAK TRANS ITU?


Asam lemak trans Yang jelas nggak ada kaitannya dengan Trans TV lo. Asam lemak trans (Trans Fatty Acid atau TFA) adalah asam lemak jenuh yang gugus H (hidrogen) berseberangan (trans) sehingga tidak mudah terpolarisasi dan rantainya relatih lurus. Dalam suhu kamar lemak ini akan berbentuk padat atau setengah padat dan akan memberikan rasa gurih dan crispi (renyah) pada makanan. Dipasaran asam lemak trans banyak terdapat pada margarin, mentega dan segala jenisnya. Lemak trans juga banyak terbentuk dalam proses pengolahan makanan dengan panas tinggi seperti menggoreng maupun oven.
Jadi makanan-makanan gorengan maupun makanan yang menggunakan margarin, mentega dan diolah dengan panas tinggi (digoreng, dioven) merupakan sumber utama Lemak Trans.

PENGARUH LEMAK TRANS TERHADAP KESEHATAN
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi asam lemak trans sangat erat kaitannya dengan Dislipidemia. Orang yang sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak trans beresiko tinggi mengalami Dislipidemia.

APAKAH YANG DIMAKSUD DISLIPIDEMIA ?
Dislipidemia adalah gangguan kesehatan akibat kelainan kadar lemak (lipid) didalam darah yang ditandai dengan kenaikan kadar LDL kolesterol dan trigliserida serta penurunan kadar HDL kolesterol.

BERAPAKAH KADAR LEMAK YANG SEHARUSNYA ?
Untuk menjaga agar kesehatan tetap optimal maka seharusnya kadar lemak dalam darah adalah sebagai berikut :
1. Kolesterol total
Normal : kurang dari 200 mg%
Harus diwaspadai bila : 200 – 239 mg%
Bahaya : diatas 240 mg%
2. LDL kolesterol
Normal : kurang dari 130 mg%
Harus diwaspadai bila : 130 - 159 mg%
Bahaya : diatas 160 mg%

3. Trigliserida
Normal : kurang dari 130 mg%
Harus diwaspadai bila : 130 - 159 mg%
Bahaya : diatas 160 mg%
4. HDL
Normal : lebih dari 45 mg%
Harus diwaspadai bila : 35 - 44 mg%
Bahaya : dibawah 35 mg%

Asam lemak trans dalam darah mempunyai pengaruh menurunkan kadar HDL kholesterol. HDL kholesterol ini sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan lemak dalam tubuh. Oleh karena penurunan kadar HDL berpengaruh negatif pada tubuh.
Di sisi lain Asam lemak trans dalam darah mempunyai pengaruh meningkatkan kadar kolesterol total, LDL dan trigliserida. Peningkatan kadar kolesterol total, LDL dan trigliserida diatas normal dapat memicu timbulnya aterosklerosis.

APAKAH ATEROSKLEROSIS ITU?
Aterosklerosis adalah kelainan pembuluh darah yang ditandai dengan adanya timbunan/endapan lemak yang disebut plak pada dinding pembuluh darah. Plak dapat menghambat atau menyumbat aliran darah pada beberapa bagian tubuh seperti jantung dan otak.
Bila hambatan atau sumbatan terjadi dijantung akan menyebabkan penyakit jantung koroner.
Bila hambatan atau sumbatan terjadi di otak akan menyebabkan STROKE.

SARAN :

  1. Untuk menghindari terjadinya gangguan lemak dalam darah (dislipidemia) yang berpotensi menyebabkan jantungan koroner dan stroke maka hindarilah/ kurangi konsumsi gorengan dan snack-snack gurih -crispi (yang menggunakan margarin, mentega maupun lemak pelembut (shortening) lainnya.
  2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

    Smoga bermanfaat !

    Dhe Minto
    http://gizinews.blogspot.com
    http://untaianhikmah.blogspot.com

1 komentar:

gianto mengatakan...

kesimpulannya-
ngk usah pakai mnyak greng dan hentikn knsumsi gula psir.pdhal itu sdh menjd budya msyrkat modern.susah