25 Oktober 2008

APA SALAHNYA SUSU BERMELAMIN?

Sobat! Berbicara soal susu, memang susu merupakan bahan makanan yang sangat penting didalam daur kehidupan manusia. Mulai Bayi baru lahir susulah makanan pertamanya. Pada masa balita yang merupakan puncak masa pertumbuhan, susu merupakan tumpuan harapan orang tua agar anaknya dapat tumbuh dengan optimal. Demikian juga pada masa dewasa maupun lanjut usia, Yang jelas susu memang dibutuhkan dan disukai tidak hanya oleh anak-anak tapi juga orang dewasa, termasuk anda juga kan?. Apalagi pada masa sakit, susu sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan. Semua ini tidak terlepas dari keistimewaaan susu yaitu mengandung zat-zat gizi yang sangat kita dibutuhkan terutama protein dan kalsium.
Berkaitan dengan kandungan protein inilah maka produsen susu berlomba-lomba meningkatkan kadar protein dengan asumsi semakin tinggi kandungan protein semakin baik kualitasnya. Maka berbagai carapun ditempuh, Diantaranya dengan menambahkan melamin seperti yang ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Disinyalir penambanhan melamin dalam susu seperti yang terjadi pada produk-produk cina bertujuan untuk meningkatkan kadar protein ini.

PENAMBAHAN MELAMIN DAPAT MENINGKATKAN KADAR PROTEIN?
Sobat! Seperti diketahui bahwa pengukuran kadar protein dalam makanan memang cukup rumit dan mahal. Namun ada cara alternatif yang lebih mudah dan murah yaitu dengan metode Kjeldal. Metode inilah yang sering dipakai. Penghitungan kadar protein dengan metode kjeldal diperoleh dengan cara menghitung kandungan Nitrogen (N) dalam makanan kemudian dikalikan dengan faktor 6,25 gr dengan asumsi bahwa 1 mol nitrogen setara dengan 6,25 gram protein. Namun kelemahan dari metode ini adalah tidak bisa dibedakan apakan Nitrogen yang diperoleh benar-benar merupakan komponen dari protein atau ada campuran dari zat lain.
Pada kasus penambahan melamin pada susu, memang akan meningkatkan kadar Nitrogen, namun sebenarnya tingginya kadar N ini bukan karena protein tetapi karena melamin. Dengan kata lain penambahan melamin hanya meningkatkan kadar Nitrogen bukan kadar proteinnya.

APAKAH BAHAYA?
Sobat! Melamin sebenarnya bukan zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dan zat ini justru bersifat racun. Keberadaan melamin dalam makanan dan susu dapat mengakibatkan kerusakan organ ginjal yang bertugas mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita. Dalam tahap tertentu melamin dapat menyebabkan gagal ginjal bahkan sampai kematian. Nah ..lo! makanya hati-hati.
Terkait dengan bahaya melamin ini, ternyata pemerintah Via Departemen Kesehatan telah mengambil langkah-langkah antisipasi antara lain:
1. Menarik dan meusnahkan semua produk yang mengandung melamin.
2. Melarang importir, distributor dan pengecer mengedarkan produk-produk tersebut. Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai uu no 23 tahun 1992 tentang kesehatan, uu no 7 tahun 1996 tentang pangan dan uu no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, berupa pidana penjara paling lama 5 tahun atau pidana denda paling banyak 2 milyar.
3. Menghimbau masyarakat untuk tidak mengkonsumsi produk-produk tersebut.

Namun demikian, kenyataannya dipasaran masih banyak beredar produk-produk tersebut. Oleh karena itu sebagai konsumen kita harus hati-hati. Kita harus tahu makanan apa saja yang mengandung melamin. Mau tahu? Nih lihat daftarnya. Oke?
Produk-produk yang mengandung melamin a l :
1. Guozhen Pine Pollen Calcium Milk
2. Oreo Wafer Sticks
3. Oreo Wafer Sticks
4. M&M's Minis Milk Chocolate
5. M&M's Peanuts Chocolate Candies
6. M&M's Peanuts Chocolate Candies
7. M&M's Milk Chocolate
8. Kembang Gula White Rabbit (Kemasan Biru)
9. Kembang Gula White Rabbit (Kemasan Merah)
10. Soybean Drink With Milk (Kemasan Hijau)
11. Soybean Drink With Milk (Kemasan Kuning)
12. Soyspring Instant Milk Cereal
13. Soyspring Instant Peanut Milk
14. Guozhen Susu Bubuk Full Cream
15. Snickers biscuit
16. Natural Choice Yogurt Flavoured Ice Bar with Real Fruit
17. Yili Bean Club Matcha Red Bean Ice Bar
18. Yili Bean Club Red Bean Ice Bar
19. Yili Prestige Chocliz Dark Chocolate Bar
20. Yili Super Bean Red Bean Chestnut Ice Bar
21. Nestle Dairy Farm Susu UHT (UHT Pure Milk 1 L (Catering))
22. Yili High Calcium Susu (Low Fat Milk Beverage)
23. Yili High Calcium Minuman susu (Milk Beverage)
24. Yili (250 ml) Susu (Pure Milk)
25. Yili (1L) Susu (Pure Milk)
26. Dutch Lady Susu (Strawberry Flavoured Milk) (Ex. Cina, Hongkong, Singapura)
27. White Rabbit Kembang Gula berbasis Susu (Creamy candy) – Berbagai Rasa
28. Yili Choice Dairy Frozen Yoghurt Bar with real peach and pineapple fruit pieces

Kalau sobat masih menjumpai produk-produk tersebut dipasaran sebaiknya laporkan saja kepada yang berwenang yaitu :
ke Unit Layanan Pengaduan Konsumen BPOM dengan nomor telp. 021 – 4263333, 32199000, sms ke No. HP 081511997772 atau email ulpk@pom.go.id dan ulpkbadanpom@yahoo.com.
Oke smoga bermanfaat!

Dheminto.
http://gizinews.blogspot.com
http://untaianhikmah.blogspot.com


Tidak ada komentar: